Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik, Setting Sablon Kaos dan Desain Grafis Lainnya

TEKNIK CARA MENGGAMBAR ILUSTRASI DAN BENTUK OBJEK GAMBAR

Teknik-Cara-Menggambar-Ilustrasi-dan-Bentuk-Objek-Gambar
TEKNIK CARA MENGGAMBAR ILUSTRASI DAN BENTUK OBJEK GAMBAR Teknik-Cara-Menggambar-Ilustrasi-dan-Bentuk-Objek-Gambar

Gambar Ilustrasi adalah hasil dari suatu tulisan dalam bentuk lukisan, drawing, fotografi atau teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subyek dengan tulisan yang dimaksud dibandingkan dengan bentuknya.

Tujuan dari pada ilustrasi yaitu untuk memperjelas, memperkuat, memperindah, memperkaya, mempertegas, menghiasi atau menerangkan sebuah cerita, puisi, tulisan, maupun tertulis lainnya. Harapannya dengan menggunakan media bantu visual, tulisan tersebut lebihh gampang dicerna.

Ilustrasi yang baik adalah ilustrasi yang bisa membantu dan merangsang si pembaca untuk berimajinasi mengenai cerita. Ilustrasi cukup membantu dalam memahami narasi dan mengembangkan imajinasi.

Selain berfungsi dalam menghidupkan sebuah cerita, gambar ilustrasi juga berfungsi memberikan bayangan pada setiap karakter di dalam sebuah cerita. Diantaranya sebagai berikut:

1.Memberikan bayangan langkah-langkah kerja.
2.Memberikan bayangan bentuk alat yang digunakan dalam tulisan ilmiah.
3.Menghubungkan tulisan dengan individualitas dan kreativitas manusia.
4.Mengkomunikasikan cerita.
5.Dapat menerangkan konsep yang disampaikan.
6.Memberikan humor-humor untuk menghilanngkan rasa bosan.

bentuk suatu obyek ilustrasi dapat berupa gambar manusia, tumbuhan dan hewan. Gambar-gambar tersebut bisa berdiri sendiri atau bisa gabung foto dari berbagai obyek yang berbeda. Obyek sebuah gambar disesuaikan dengan narasi atau tema yang telah dibuat. Gambar ilustrasi dapat menggunakan warna hitam atau putih saja.

Ilustrasi menurut definisinya adalah seni gambar yang dimanfaatkan untuk memberi penjelasan atas suatu maksud dan tujuan secara visual. Ilustrasi secara harfiah berarti gambar yang dipergunakan untuk menerangkan atau mengisi sesuatu.

Dalam desain grafis, ilustrasi dapat dipergunakan untuk menampilkan banyak hal serta berfungsi antara lain :

1.memberi gambaran tokoh atau karakter dalam suatu cerita,
2.menampilkan beberapa contoh item yang diterangkan dalam suatu tulisan tertentu.
3.menvisualisasikan langkah demi langkah pada sebuah instruksi atau prosedur atau model tertentu.
atau sekedar membuat pembaca tersenyum bahkan tertawa.

Untuk membuat fambar ilustrasi pada desain grafis dapat melalui cara-cara berikut:

1.Manual/ Hand Drawing/ Gambar Tangan. Dengan menggunakan alat seperti pensil, airbrush, kuas, cat, spidol dan lainnya. Cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide, karikatur, komik, lukisan dan lainnya. Untuk memindahkan ke dalam format digital perlu alat seperti Scanner atau Foto Digital.

2.Computerized. Menggunakan komputer, anda dapat membuat gambar secara vector (Coreldraw) atau bitmap (Adobe Photoshop). Format vector yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format Bitmap terdiri dari pixel-pixel, sangat cocok untuk foto.
Menggambar Ilustrasi dengan Computer Graphic

Salah satu teknik yang banyak digunakan oleh para ilustrator adalah pembuatan skets di atas kertas menggunakan pensil, yng kemudian dibuat outline bentuknya dengan tinta hitam. Skets tersebut kemudian di-scan sehingga menghasilkan image bitmap.

Image hasil scan selanjutnya di-trace untuk mengkonversi dari format bitmap yang terdiri dari titik-titik menjadi vektor. Dari situlah akhirnya hasil tracing dari outline diproses dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada program komputer sehingga diperoleh hasil akhir.

Kemudahan gambar yang diperoleh menggunakan komputer dapat dimodifikasi dan digandakan dengan cepat, bail secara keseluruhan maupun bagian-bagian tertentu sehingga pembuatan efek-efek  yang sama pada saat harus membuat adegan lain dari ilustrasi akan menjadi lebih mudah.



Langkah-langkah menggambar Ilustrasi

1. Gagasan
gagasan yaitu bahan yang harus diilustrasikan. Setelah mendapatkan gagasan, maka pilih dan pastikanlah adegan yang akan digambar, ketahuilah tokoh-tokohnya, suasananya, kemudian pastikan dan tentukanlah corak dan media yang akan digunakan.

2. Sketsa


proses awal dalam menggambar adalah membuat rancangan gambar atau yang sering dinamakan sketsa. Mensketsa dapat menggunakan media yang akan digunakan maupun dengan pensil warna. Gagasan yang ada kemudian dituangkan bersamaan dengan proses mensket. Rencanakan gambar dengan sebaik-baiknya.
Buatlah coretan-coretan mengeni tata letak dan gerakan yang terjadi, kemudian padukanlah semua unsur gambar yang telah direncanakan, berilah secara detail sehingga menjadi lebih sempurna. Tidak kalah pentingnya juga memberi corak yang telah ditentukan. Diusahakan setiap unsur bercorak sama, sehingga tidak terkesan kolase.

3. Pewarnaan



Setelah selesai menyeket, langkah selanjutnya yaitu mewarni. Pewarnaan dalam menggambar ekspresi dapat dilakukan dengan dua corak, yakni corak realis dan corak non realis (Impresionisme, Ekspresionisme, Abstrakisme dan lain-lain).

Dalam pewarnaan corak yang realis harus sesuai dengan kenyataan yang ada, sedangkan pewarnaan corak secara non realis dapat dilaksanakan secara bebas dan tidak terikat pada kenyataan yang ada.


Menggambar obyek
                                                     
Objek-objek multimedia ada 6 jenis, yaitu teks, grafis, bunyi (sound), video, animasi, software. merupakan bentuk data multimedia yang mudah disimpan dan dikendalikan.

A.      Teks

Bentuk data multimedia yang paling mudah tersimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata , surat, atau narasi dalam multimedia, yang menyajikan bahasa kita. Kebutuhan teks tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Misalnya game membutuhkan teks lebih sedikit sedangkan ensiklopedia membutuhkan teks lebih banyak.

Lebih dari itu teks  mempunyai struktur linier sederhana. Meskipun mungkin saja ada multimedia tanpa teks  kebanyakan sistem multimedia menggunakan teks sebab teks sangat efektif untuk menyampaikan ide, serta memberikan panduan kepada pengguna. Secara umum ada empat macam teks: teks cetak, teks hasil scane, teks elektronik, dan hyper text.

1)      Teks cetak
Agar komputer multimedia bisa membaca teks cetak maka harus mengubahnya ke format yang bisa dibaca mesin. Cara paling jelas untuk melakukan ini adalah mengetik teks tersebut dengan word poccessor atau teks editor. Tetapi itu bisa sangat menguras waktu. Cara lebih efektif adalah menscane teks tersebut.

2)      Teks hasil scane
Kini tersedia banyak scaner yang dapat membaca teks cetak dan mengkonfersinya menjadi fotmaat yang terbaca mesin dan menghasilkan scaned text. Pada prinsipnya ada tiga jenis scanner : flatbed, handheld, dan sheet-fed.

3)        Teks elektronik
Teks jenis ini bisa dibaca komputer dan dikirim secara elektronis melalui jaringan.

4)        Hyper teks
Hyperteks merupakan dasar untuk produksi multimedia virtual. Hyperteks mengacu pada teks yang telah masuk link. Hyper teks akan menampilkan objek yang masuk dalam link yang kita klik. Objek itu antara lain adalah grafik, audio, vidio dan animasi. Kemampuan hyper teks melakukan link maka kita dapat menyembunyikan objek tersebut. Link dapat memberikan dimensi lebih kepada teks, sebab itulah ia dinamakan hyper. Untuk membuat hyper teks kita membutuhkan perangkat khusus untuk menciptakan link, misalnya Html , java, ASPPHP, dan sebagainya.(Suryanto, 2003).

B.       Grafik

Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara baru yang lebih berguna. Sering dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyampaikan seribu kata, tapi itu hanya berlaku jika kita bisa menampilkan gambar yang diinginkan saat memerlukannya. Multimedia membantu kita melakukan hal ini yakni ketika gambar grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks. Gambar juga berfungsi sebagai ikon.

1)      Gambar vektor
Gambar vektor tidak disimpan dalam sebuah gambar tetapi tersimpan sebagai rangkaian intruksi yang digunakan untuk membuat suatu gambar yang dinamakan algoritma, yang menentukan bentuk kn gurva, garis, dan berbagai bangun dengan gambar. Vektor image adalah pilihan yang lebih efesien dibanding bitmap karena memiliki tiga kelebihan. Pertama, bersifat scalable artinya bisa menggunakan program grafis untuk memperkecil atau memperbesar ukuran image tanpa mengubah kualitas dan tidak tergantng resolusi. Kedua vektor image biasanya memiliki ukuran lebih kecil dibanding bitmap sehingga lebih cepat di download.Ketiga, gambar vektor dapat diubah dalam berbagai tampilan tiga dimensi. Dengan perangkat lunak yang sesuai, dpat membangun sebuah tampilan gambar dari setiap arah bahkan dari potongan melintang (Suyanto, 2003).

2)      Gambar Bitmap (Bitmap Image)
Gambar bitmap merupakan rekonstruksi dari gambar asli. Gambar bitmap adalah gambar yang tersimpan sebagai rangkaian pixel (titik-titik) yang memenuhi bidang titik-titik di layar komputer. Seluruh informasi gambar dinyatakan dalam pixel. Kelemahannya, kita tidak dapat memperbesar atau memperkecil resolusinya karena resolusinya bergantung pada gambar asli. Meskipun demikian gambar bitmap mempunyai beberapa kelebihan, antara lain pengolahannya minimal dan lebih cepat untuk ditampilkan, karena gambar bitmap dapat ditransfer secara langsung dari file ke layar monitor Anda.

3)      Clip Art
Membuat grafis dengan tangan sangat menyita waktu. Untuk menghemat waktu, ada banyak sekali koleksi (library) clip art yang dapat Anda gunakan waktu membuat multimedia. Ada banyak koleksi dengan kategori umum, termasuk foto, ikon, animasi, background tile, button, dan bullet, sementara koleksi lain berfokus pada visual theme, seperti image alam atau keilmuan. Biasanya kita bisa menggunakan berbagai clip art image tanpa harus bayar tapi pastikan dulu lisensinya, siapa tahu ada pembatasan tertentu.

4)      Digitized Picture
Video capture board (capture card) memungkinkan kita untuk menyambungkan komputer dengan video camera, VCR, vido disc player, atau live video feed dan langsung menjadikan frame-frame gambar tersebut menjadi bitmap yang dapat digunakan dalam aplikasi multimedia.

5)      Hyperpicture
Sebagaimana halnya suatu kata bisa menjadi pemicu di sebuah hypertext, begitu pula dengan bagian dari suatu gambar. Ketika gambar terdapat bagian yang bisa digunakan untuk memicu sebuah multimedia event, maka gambar demikian disebuthyperpicture.

6)      Format File Grafik

·      PICT merupakan format file default Macintosh yang tersedia untuk setiap aplikasi grafik yang dijalankan pada sebuah platform Macintosh. Karakteristik kunci dari tipe file PICT adalah kemampuannya untuk memuat objek yang digambar secara bitmap maupun vektor.File ini diindikasikan dengan ekstensi BMP yang merupakan format file default Windows. Format file ini yang paling populer pada platform Windows dan diidentifikasikan dengan ekstensi BMP. Format BMP mendukung RGB, Indexed Colour, Grayscale, dan Bitmap colour mode.

·      Joint Photographic Experts Group (JPEG) bertanggungjawab terhadap pengembangan standar dan format pemetaan gambar yang digunakan secara luas di seluruh dunia.  JPEG menggunakan ekstensi “JPG”. JPEG merupakan format file yang paling populer digunakan di Web. Desainer dapat memilih derajat kompresi file JPEG dengan mengindikasikan penetapan output resolusi rendah, resolusi sedang atau resolusi tinggi.

·      Format file GIF (Grafik Interchange File) merupakan format file terkompresi yang dikembangkan oleh CompuServe untuk digunakan di Internet. Format GIF Preserves secara transparan dalam gambar warna terindeks dan memungkinkan desainer membuat gambar animasi kecil dengan meletakkan gambar pada ujung atas (gambar satu dengan yang lainnya).

·      Tagged Interchange File Format (TIFF) merupakan format file terkompresi yang biasa digunakan di paket desktop publishing dan merupakan file bagi perusahaan percetakan. File ini diindikasikan dengan ekstensi TIF. Kekuatan dari format file TIFF adalah lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruh point, image editing dan gambar aplikasi kedalaman layout.

·      Encapsulated Post Script (EPS) language file format digunakan dalam photoshop dapat memuat baik gambar vektor maupun grafik dan didukung secara luas oleh program grafik, ilustrasi dan layout halaman. File ini diindikasikan dengan ekstensi EPS. Format EPS digunakan untuk mentransfer artwork bahasa Post Script antara aplikasi.

·     Portable Network Graphics (PNG) dikembangkan sebagai alternatif bebast-patent untuk GIF. File ini diindikasikan dengan PNG. PNG merupakan sebuah format file terkompresi untuk menampilkan gambar pada World Wide Web.

·      PSD merupakan format yang digunakan Photoshop untuk menyimpan file yang telah dibuat dan dimanipulasi. PSD mendukung seluruh mode gambar yang tersedia (Bitmap, Greyscale, Indexed Colour, RGB, CMYK, Lab dan Multi Channel). (Suryanto, 2003).


C       Animasi

Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan macam animasi yaitu

1)        Animasi sel (cel animation)
Kata cell berasal dari kata celluloid yang  merupakan material yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada saat awal. Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak secraa mandiri diatas layar belakang. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel atasnya. Diantara lembaran-lembaran dapat disisipi efek animasi agar karakter berjalan mulus yang digunakan adalah keyframe. Selain dengan keyframe proses dan treminoologi animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi komputer.

2)        Animasi frame
Adalah bentuk animasi yang paling sederhana. Pada komputer multimedia animasi tersebut  menampilkan sebuah gambar yang berurutan secara cepat antara frame satu dan frame lainnya berbeda.

3)        Animasi sprite
Animasi sprite serupa dengan animasi tradisional, yaitu objek yang diletakan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam. Sprite adalah setiap bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, misalnya burung terbang, planet berotasi dan lain-lain.

4)        Animasi lintasan
Adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang kita tentukan sebgai lintasan. Animasi ini sangat membantu jika kita membuat animasi pesawat terbang dan lain-lain.

5)        Animasi spline
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila objek bergerak biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva. Program animasi komputer memungkinkan kita untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerakan berbentuk kurva.

6)        Animasi vektor
Animasi vektor serupa dengan animasi sprite. Animasi sprite menggunakan bitmap, animasi vektor menggunakan rumus matematika. Rumus ini serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva sline. Animasi vektor menjadikan objek bergerak dengan memvasiasikan ketiga parameter ujung pangkal, arah dan panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek.

7)        Animasi karakter
Merupakan sebuah cabang khusus animasi semisal yang kita lihat di film kartun. Animasi ini berbeda dengan animasi lainnya. Untuk membuat animasi karakter yang  hidup dan meyakinkan merupakankat lunak yang sebuah seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengkerjaan. Perangkat lunak yang digunakan untuk animasi adalah maya unlimited contohnya kartun toistore.

8)        Computational animation
Computational animation dapat menggerakan objek di layar kita dengan memvariasikan kordinan X dan Y nya. Kordinat X merupakan komposisi hotizontal objek sedangkan ordinat Y merupakan komposisi vertikal.

9)        Morphing
Morphing artinya mengubah satu bentuk nejadi bentuk lain dengan menampilkan serangkain frame yang menciptakan gerakan halus begitu bentuk pertama menjadi bentuk lain. Kita bisa melakukan hal ini dengan progran morphous. Perangkat lunak morphing menciptakan frame transisi secara otomatis.
 
Demikian  Teknik Cara Menggambar Ilustrasi dan Bentuk Objek Gambar. semoga bermanfaat