Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gambar Produk 1
Jasa Desain Kaos, Desain Batik, Setting Sablon Kaos dan Desain Grafis Lainnya

CARA MEMBUAT POLA DASAR BAJU KAOS DAN KEMEJA SEDERHANA SENDIRI

Cara-Membuat-Pola-Dasar-Baju-Kaos-dan-kemeja-Sederhana-Sendiri
Cara Membuat Pola Dasar Baju Kaos dan Kemeja Sederhana Sendiri Cara-Membuat-Pola-Dasar-Baju-Kaos-dan-kemeja-Sederhana-Sendiri

Pola Dasar Baju Kaos - Dalam home industri konveksi, sebuah proses pembuatan kaos baju distro , pakaian anak , baju dewasa pria dan kemeja baju clothing tak lepas dari pengaturan komposisi pola baju. Kali ini tipstriksib  akan memberikan tips bagaimana cara belajar membuat Baju Kaos dan Baju Kemeja sendiri dengan menggunakan pola baju kaos dengan sesuaikan ukuran asli.

Dengan era digital modern sekarang  , proses pembuatan desain kaos dan pola baju bisa dengan mudah sobat kerjakan menggunakan software khusus seperti Adobe photoshop, CorelDraw, Illustrator dan lainnya.

Berikut ini adalah langkah Cara Membuat Pola Dasar Baju Kaos dan Baju Kemeja Sederhana Sendiri


1.Cara mudah membuat pola adalah “menjiplak baju yang ada”. Setelah anda menemukan baju sendiri yang pas di badan, lipat dua baju tersebut memanjang.


2.Lipat dengan rapi temukan ujung dengan ujung, sehingga polanya benar-benar pas. Setelah itu, letakkan baju tersebut di atas koran.

3.Jiplak pola dengan hati-hati dengan menggunakan pensil. Jaga agar baju tidak bergeser, kalau perlu gunakan jarum pentul. Buat garis putus-putus dulu, jika agak sulit membuat garis lurus.

4.Setelah baju diangkat dari koran, barulah garis-garis tersebut diperbaiki. Jangan sampai ada lekukan yang terlalu tajam, terutama untuk lengan, leher dan pinggang.

5.Pola Dasar bagian atas adalah pola yang meliputi bagian bahu hingga ke bagian pinggang yang pola ini umumnya disebut pola badan bagian muka dan belakang.

6.Pola dasar bagian bawah adalah pola yang dibuat untuk bagian bawah tubuh yang diukur mulai dari pinggang hingga ke lutut atau diteruskan sampai ke mata kaki. Untuk pakaian wanita pola ini biasa disebut pola dasar rok yang terdiri dari pola dasar rok muka dan belakang.

7.Pola lengan adalah pola yang dibuat untuk membentuk bagian lengan yang meliputi bagian lengan atas hingga siku untuk lengan pendek. Sedangkan untuk lengan panjang dapat diteruskan hingga ke pergelangan tangan.

Baju sudah jadi yang sesuai dengan ukuran dan model

– Kain yang akan dibuat baju
– Karton/koran bekas
– Gunting
– Pena/spidol
– Kapur kain
– Jarum dan benang jahit
– Jarum pentul (jika diperlukan)

Langkah 1: Lipat baju menjadi 2 bagian sama panjang (separuh badan). Gunakan bagian belakang, karena ukuran belakang lebih lebar dikit dari bagian depan agar cukup membuat 1 pola saja.


Langkah 2: Jiplak pada karton/koran bekas, lalu tandai dengan pena/spidol. Jika khawatir baju/karton berubah posisi, sematkan jarum pentul seperlunya atau injak dengan kaki

Langkah 3: Potong karton/koran bekas sesuai tanda spidol.


Langkah 4: Buat pola tangan, penutup kepala (jika ada) dan yang lainnya dengan cara yang sama.

Langkah 5: Setelah pola jadi, siapkan kain yang akan dibuat baju dan bentangkan.

Langkah 6: Jiplak pada kain yang akan dibuat baju melebihi ukuran pola untuk lipatan jahit atau menyambung dengan pola lainnya

Langkah 7: Jika semua pola sudah siap, mulailah menyambung satu persatu dengan jahitan lurus/jelujur (saya pakai jahit tangan).

Langkah 8: Tinggal bawa ke penjahit untuk dijahit ulang agar jahitannya kuat dan rapi

1. Lingkar badan = ukur keliling badan di bawah ketiak melewati puncak dada 2. Lingkar pinggang = ukur keliling pinggang 3. Lingkar pinggul = ukur keliling bagian pinggul paling besar 4. Lebar bahu = ukur dari ujung bahu kanan ke ujung bahu kiri besar 40 cm

5. Panjang baju = ukur panjang baju dari ujung bahu dekat leher sampai bawah sesuai keinginan 6. Panjang lengan = ukur dari ujung bahu sampai batas lengan yg kamu inginkan 7. Tinggi punggung = ukur dari tengkuk sampai pinggang
Ukuran secara umum untuk tinggi punggung yaitu: – Untuk ukuran kecil 38 cm – Untuk ukuran besar 40 cm

Demikian  Cara Membuat Pola Dasar Baju Kaos dan Kemeja Sederhana Sendiri, semoga bermanfaat.